laman

fakta tentang tubuh manusia

tubuh manusia adalah karya indah tuhan yang sangat rumit. masih banyak rahasia yang belum terungkap tentang kebenaran dari tubuh kita. muncul pula beberapa fakta unik yang berhasil dikuak oleh para peneliti seiring dengan berkembangnya zaman dan perkembagan teknologi.

dalam postingan ini saya akan memaparkan beberapa fakta unik yang dimiliki beberapa bagian tubuh kita. beberapa fakta ini saya dapat dari menonton "on the spit" salah satu acara di trans8 hehe. semoga bermanfaat

1. KULIT
kulit merupakan bagian tubuh yang memiliki bagian paling besar. dan jika manusia dikuliti dan seluruh kulit manusia ditimbang, total berat kulit dari seluruh bagian tubuh manusia mencapai berat 2,5 kilogram.
kulit berfungsi untuk menngkal partikel partikel dari luar untuk masuk kedalam tubuh kita. radikal bebas, partikel, dan bahkan virus penyakit. kuliat juga harus dijaga kelembabannya jangan sampai terlalu kering. itu sebabnya ada anjuran yang mengatakan tidak boleh terlalu lama berada dalam ruang ner-ac karena akan menyebabkan kulit kering dan jika lebih parah dapat menyebabkan kuliat pecah pecah.

2. SYARAF
syaraf adalah bagian tubuh manusia yang menyerupai tali. ntah sebanyak apa syaraf yang terdapat dalam tubuh manusia. peneliti menyatakan bahwa jika syaraf manusia dikeluarkan dan disambung menjadi satu akan membentangkan untaian syaraf yang sangat sangat panjang.lebih dari 100.000 kilometer.
bahkan panjang syaraf tersebut melebihi panjang keliling bumi yang mengikuti garis khatulistiawa yang hanya sekitar 40.000 kilometer lebih. sehingga dapat disimpulkan bahwa panjang syaraf manusia itu samadengan 2,5 kali lipat dari keliling bumi,
3. AIR
seperti yang kita ketahui bersama 80% dari tubuh manusia merupakan air. meski dalam tubuh kita memiliki kandungan air yang banyak. jika 1% saja kandungan air dalam tubuh kita berkuraang, maka kita akan merasakan haus. selanjutnya jika kandungan air dalam tubuh kita berkurang 4% manusia akan mengalami gejala pusing dan lemah.
apalagi jika kandungan air dalam tubuh kita erkurang 7% maka akan berkurang produktifitas manusia sebesar 40% dari kegiatan yang seharusnya ia lakukan.
peneliti menganjurkan bahwa manusia minum air putih setidaknya 1 liter dalam sehari. tidak dianjurkan hanya minum air putih jika dalam keadaan haus saja, namun sebelum haus kita dianjurkan untuk tetap meminum air putih.

sekian dulu postingan kali ini. walaupun sebenarnya versi on the spit tersebut ada 7 fakta, tapi yang saya tonton hanya 3 ini saja hehe
semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "fakta tentang tubuh manusia"

Post a Comment